Kelimutu Journal of Community Service
Vol 3 No 2 (2023): Kelimutu Journal of Community Service (KJCS)

Pelatihan Pendampingan Bantuan Belajar Literasi Sains di Sekolah melalui Program Lopo Pintar di SD dan SMP Attin Namosain Kupang

Andam Surianty Ardan (Universitas Nusa Cendana)
Yusnaeni Yusnaeni (Universitas Nusa Cendana)
Angela G Lika (Universitas Nusa Cendana)
Ivo Basri K (Universitas Nusa Cendana)
Arini Rahma Dhani (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2023

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa SD dan SMP kota Kupang adalah kurangnya literasi dasar dan literasi sains. Sehingga perlu didampingi dalam menggiatkan literasi siswa karena dengan didampingi, mereka lebih paham dan terbantu. Untuk mendampingi literasi siswa ini, diperlukan guru dan pendamping dalam hal ini mahasiswa Pendidikan Biologi yang paham dan bisa meluangkan waktu dalam membantu siswa,maka diperlukan pelatihan agar proses pendampingan ini tepat sasaran dan lebih baik. Untuk itu Prodi Pendidikan Biologi FKIP Nusa Cendana mengadakan pelatihan bantuan belajar literasi sains di SD dan SMP Attin Namosain Kupang. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan, yaitu pelatihan bagi guru dan mahasiswa penggiat literasi sains, dan pendampingan pelaksanaan literasi sains sesuai program yang dibuat. Pendampingan dilakukan dengan melatih guru dan mahasiswa untuk kemudian secara mandiri dan kelompok mereka mendampingi siswa dalam kegiatan literasi dan proses sains. Pelatihan dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu 11-12 Maret 2023, di Aula SD Attin Namosain dan diikuti oleh 10 orang guru SD dan SMP Attin Namosain, dan mahasiswa 12 orang, Alumni 2 orang dan dosen non PKM 1 orang. Setelah dilatih, mahasiswa dan guru melakukan pendampingan kepada siswa selama 4 (empat) bulan. Guru dan mahasiswa melakukan program kerja dengan hasil yang baik karena siswa SD dan SMP terbantu dalam literasi sains.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...