Jurnal Abmas
Vol 23, No 2 (2023): Jurnal Abmas, Desember2023

Pelatihan Trauma Healing Berbasis Group Exercise Bagi Guru BK SMP di Kabupaten Kuningan

Nandang Rusmana (Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Anne Hafina (Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Nandang Budiman (Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Mutiara Aqilla Tasya (Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Muqaffi Muqaffi (Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Popy Mayasari Afendy (Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Khoirunnissa Khoirunnissa (Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

AbstractIndonesia is one of the countries prone to natural disasters. It is a country with a significant responsibility for educating and preparing students for success in the educational process. This study aims to provide insight to Guidance and Counseling (BK) teachers about the importance of understanding student conditions, provide BK teachers with basic concepts of PTSD and its treatment, and socialize and provide training on trauma healing. Methods. The training was conducted in junior high schools in Kuningan District. The outcomes of the meetings included: (1) conducting the community engagement activities online (July 26-27, 2023 via Zoom) and in-person (August 2, 2023); (2) the topics to be covered included the basic concept of traumatic stress disorder, counseling techniques for dealing with PTSD, post-trauma counseling programs, scientific article writing workshops, cognitive-behavioral therapy, eye movement desensitization and reprocessing, brief psychodynamic psychotherapy, exposure therapy, writing service implementation plans, and implementing group exercise-based post-traumatic counseling strategies. Results. The results indicated that 73% of participants found it easy to apply, while 26% found it somewhat difficult. Regarding individual counseling concepts, 93% found it easier to understand, while 7% found it quite challenging.Keyword: Trauma healing, Group exercise, PTSD concepts, Counseling, Skill development.AbstrakIndonesia merupakan salah satu negara yang rentan terhadap bencana alam. Negara ini memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik dan mempersiapkan siswa untuk sukses dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada guru Bimbingan dan Konseling (BK) tentang pentingnya memahami kondisi siswa, memberikan guru BK dengan konsep dasar PTSD dan pengobatannya, serta mensosialisasikan dan memberikan pelatihan tentang penyembuhan trauma. Pelatihan ini dilakukan di sekolah menengah pertama di Kabupaten Kuningan. Hasil pertemuan mencakup: (1) melaksanakan kegiatan keterlibatan masyarakat secara online (26-27 Juli 2023 via Zoom) dan tatap muka (2 Agustus 2023); (2) topik yang akan dibahas meliputi konsep dasar gangguan stres trauma, teknik konseling untuk mengatasi PTSD, program konseling pasca trauma, lokakarya penulisan artikel ilmiah, cognitive-behavioral therapy, eye movement desensitization and reprocessing, brief psychodynamic psychotherapy, exposure therapy, penyusunan rencana pelayanan penulisan, dan implementasi strategi konseling pasca trauma berbasis latihan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 73% peserta merasa mudah untuk mengaplikasikannya, sementara 26% merasa agak sulit. Mengenai konsep konseling individu, 93% merasa lebih mudah untuk dipahami, sementara 7% merasa cukup sulit.Keywords: Trauma Healing; Group Exercise; PTSD; Guru BK

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ABMAS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Abmas merupakan media publikasi pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat yang dipublikasikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia. Pertama kali terbit pada tahun 2001 dengan nomor ISSN 1412-1891 serta dengan ISSN Elektronik 2798-1436. ...