Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain instrumen tes berorientasi HOTS yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir tinggi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah design research tipe development study yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap preliminary dan formative evaluation. Dari hasil komentar validator pada tahap expert riview dan uji one to one diketahuui bahwa instrumen tes berorientasi HOTS ini telah valid dari segi konstruk, konten, dan bahasa. Valid dari segi konten adalah instrumen yang dibuat telah sesuai dengan karakter soal HOTS, Capaian Pembelajaran (CP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Instrumen yang dibuat sesuai dengan level kemampuan siswa yang terefleksikan dengan CP dan dengan dimensi HOTS yang artinya valid dari segi konstruk. Sedangkan penggunaan EYD, komunikatif, dan artikulatif pada instrumen merupakan aspek yang telah terpenuhi secara validitas bahasa. Dari hasil angket respons siswa pada tahap small group diketahui bahwa soal mudah dimengerti, mudah digunakan, dan dapat diadministrasikan serta diinterpretasikan oleh siswa dengan baik dan memilliki tingkat kepraktisan sebesar 79% atau berkategori praktis. Sementara efek potensial yang muncul pada tahap field test berupa kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5).
Copyrights © 2023