Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2024): Juni 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA USTARD (UNO STACKO & CARD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Amelia Amelia (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Isna Rafianti (Unknown)
Heni Pujiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Guru harus dapat memahami karakteristik siswa dan juga kreatif dalam menarik perhatian siswa salah satunya yaitu mengembangkan suatu media agar siswa antusias untuk mengikuti pembelajaran dan dapat mencapai suatu tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran USTARD (UNO Stacko & Card) yang praktis, valid, dan efektif. Sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan tahapan ADDIE yang terdiri dari langkah Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Media USTARD telah dinyatakan valid berdasarkan hasil ahli media dan ahli materi dengan rata-rata 90% termasuk kategori sangat valid, dikatakan praktis berdasarkan respon siswa dan guru dengan rata-rata 92% termasuk kategori sangat praktis, dan dikatakan efektif berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah dengan rata rata 65% termasuk kategori efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media USTARD (UNO Stacko & Card) layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...