Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep pada materi matriks, dan menemukan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan siswa tersebut. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 8 Kota Serang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes tulis , angket dan wawancara yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunujukan siswa melakukan kesalahan pada menentukan operasi hitung matriks, mendefinisikan determinan dan invers matriks, dan menentukan determinan matriks, dan tidak menggunakan konsep matriks untuk menyelesaikan soal. Kemudian berdasarkan hasil angket tertutup rata-rata untuk tiap indikator yang teridentifikasi menyebabkan kesulitan belajar siswa diantaranya faktor fisiologis sebesar 83,33%(kriteria tinggi), psikologi sebesar 63,33%(kriteria sedang), keluarga sebesar 70,83%(kriteria sedang), guru sebesar 73,05%(kriteria sedang), dan sekolah sebesar 64,44% (kriteria sedang). Kata kunci: analisis kesalahan, pemahaman konsep matematis, materi matriks
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023