Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2024): Juni 2024

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Devy Tarya Christmas Nababan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Salah satu pemicu kegagalan siswa memahami pembelajarann matematika ialah dikarenakan tidak paham konsep atau miskonsepsi, contohnya pada materi aljabar. Gaya belajar terkadang menjadi hal yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi, akan tetapi kenyataannya saat ini gaya belajar belum mendapat perhatian yang lebih dari pendidik. Maka dari itu, peneliti  ini ditujukan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar, mengetahui faktor penyebab miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. dengan subjek penelitian ialah 6 siswa kelas VII SMPN 13 Kota Serang yang diambil dari perwakilan tiap gaya belajar VAK yang mengalami miskonsepsi pada penyelesaian soal sebagai subjek penelitian. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa:(a)Miskonsepsi siswa visual diantaranya menentukan letak unsur-unsur bentuk aljabar, menyelesaikan operasi hitung dan rumus yang digunakan, mendefiinisikan konstanta, koefisien, dan suku dua. Miskonsepsi siswa auditorial diantaranya menentukan letak unsur-unsur bentuk aljabar, menyelesaikan operasi hitung, dan mendefiinisikan persamaan aljabar. Miskonsepsi siwa kinestetik diantaranya menentukan letak unsur-unsur bentuk aljabar, menyelesaikan operasi hitung, merepresentasikan soal cerita, dan mendefiinisikan koefisien, konstanta, dan suku sejenis. (b) faktor penyebab miskonsepsi ialah prakonsepsi siswa, pemikiran asosiatif, reasoning yang tidak lengkap, intuisi dan perasaan yang salah, ketakutan bertanya pada guru,serta minat siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...