Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan membuktikan (1) Program Praktik Kerja Lapangan PadaSekolah Menengah Kejuruan Kesehatan di Kota Tangerang. (2) Hambatan Program Praktik Kerja Lapangandan Pelaksanaannya di Dunia Kerja bagi Lulusan SMK Kesehatan di Kota Tangerang(3) Model Kerjasamayang Efektif dalam Pelasanaan Program Praktik Kerja Lapangan SMK Kesehatan di Kota Tangerang denganDunia kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Lokasipenelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan di Kota TangerangProgram Keahlian Keperawatan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Masih terjadi hubungan yang lemah antarainstitusi pendidikan dan dunia industri yang mengarah pada implementasi yang tidak efektif, sehinggamenyulitkan peserta PKL seperti untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang merekamiliki (2) Beberapa hambatan Program Praktik Kerja Lapangan dan Pelaksanaannya di Dunia Kerja bagiLulusan SMK Kesehatan Kota Tangerang adalah masih terbatasnya tempat untuk pelaksanaan PKL danmasih ada beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas yang menolak peserta PKL dari SMK Kesehatan (3) ModelWork-Integrated Learning (WIL) mampu meningkatkan kualitas pengalaman PKL dan pilihan karir yangtepat dan bekerja sama menggunakan pola inti-plasma, pola waralaba, pola perdagangan umum, polakerjasama operasional, dan pola kemitraan.
Copyrights © 2024