Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 6 No 1 (2024): Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Januari-Juni 2024

Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Keterampilan Mengajar Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar

Aslamiah, Aslamiah (Unknown)
Cinantya, Celia (Unknown)
Rafianti, Wahdah Refia (Unknown)
Sins, Ihsak (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Guru – Guru di Sekolah Dasar dalam merancang model pembelajaran inovatif berbasis ketrampilan mengajar abad 21, sebagai Upaya dalam memenuhi kompetensi peserta didik Abad 21. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode cera,ah, diskusi dan praktek terbimbing. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di SD Negeri Melayu 5, Banjarmasn dan diikuti oleh selurruh Guru, Tenaga Kependidikan dan mahasiswa magang. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta memiliki pengetahuan tentang macam- macam model pembelajaran inovatif serta memiliki ketrampilan dalam merancang model pembelajaran inovatif berbasis ketrampilan mengajar abad 21. Hasil pendampingan tersebut terlihat dari evaluasi kegiatyan yang menunjukkan bahwa pemahaman peserta terkait materi yang disampaikan adalah 90% dan tingkat keterampilan peserta dalam merancang model pembelajaran inovatif mencapai lebih dari 90%. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pendampingan perancangan model pembelajaran inovatif berjalan dengan sukses dan berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Religion Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini dikelola oleh Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. DEDIKASI: Jurnal ...