Fokus penelitian pada strategi dalam meningkatkan layanan akademik dan bagaimana kinerja karyawan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Prosedur yang digunakan dalam menganalisis data dengan menggunakan ringkasan analisis faktor strategis menggunakan teori Dessler yang meliputi kualitasm, kuantitas, efektivitas, kemandirian dan ketepatan waktu. Subjek penelitian pada Kepala Sub Bagian Umum Akademik, Pegawai akademik, dan mahasiswa FTIK. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan akademik belum menunjukkan stabilitas kinerja yang memuaskan sehingga diperlukan strategi dalam meningkatkan kinerja. Penyusunan strategi didahului oleh analisis SWOT. Melalui hasil analisis dapat diidentifikasi beragam faktor penyebab yang dapat dikategorikan menjadi dua faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti fasilitas fisik, kehandalan, keyakinan dan empati. Sedangkan faktor eksternal meliputi kecenderungan politik dan ekonomi, dukungan stakeholder, dan pernanan kolaborator dan kompetitor.
Copyrights © 2019