IDARAH : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan
Vol. 4 No. 2 (2020): Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Bimbingan Berkelanjutan

Zuhri, Zuhri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 44 Alue Rindang Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan menggunakan desain penelitian tindakan yang meliputi merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan refleksi. Subyek dalam PTS ini adalah seluruh guru MIN 44 Alue Rindang Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 8 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kompetensi guru dalam menyusun RPP pada siklus I adalah 69% dan pada siklus II 83%. Kompetensi guru dalam menyusun RPP terjadi peningkatan, yaitu meningkat 14% dari siklus I. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dapat meningkat melalui bimbingan berkelanjutan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

idarah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

IDARAH, Jurnal Pendidikan dan Kependidikan (Journal of Education), e-ISSN: 2656-8012 and p-ISSN: 2549-8193; is a journal published by Islamic Education Management the Faculty of Education and Teaching Science State Islamic Institute (IAIN) Lhokseumawe, published twice a year on June and December. ...