Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 44 Alue Rindang Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan menggunakan desain penelitian tindakan yang meliputi merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan refleksi. Subyek dalam PTS ini adalah seluruh guru MIN 44 Alue Rindang Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 8 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kompetensi guru dalam menyusun RPP pada siklus I adalah 69% dan pada siklus II 83%. Kompetensi guru dalam menyusun RPP terjadi peningkatan, yaitu meningkat 14% dari siklus I. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dapat meningkat melalui bimbingan berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020