Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan mengetahui kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan media gambar. Hasil penelitian tersebut sebagai berikut. Pertama dengan menerapkan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini terlihat bahwa setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, siswa dapat berkomunikasi secara komunikatif,urut,baik dan benar. Kedua, dengan menerapkan media gambar pada proses pembelajaran guna untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa hal ini dapat dilihat dari peningkatan angka rata-rata presentase pada siklus I sebesar 54,89% dengan kriteria sedang mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 65,57% yang berada pada kriteria tinggi . dengan demikian terjadi peningkatan pada siklus I ke siklus II 11%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023