JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat jati

Pelaksanaan Administrasi Kesiswaan di MTs Al Muhajirin Muara Padang Banyuasin

Astuti, Mardiah (Unknown)
Hidayat, Hidayat (Unknown)
Hasanah, Ayu Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul pelaksanaan administrasi kesiswaan di MTs Al-Muhajirin Muara Padang Banyuasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan administrasi kesiswaan di MTs Al-Muhajirin. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, guru dan staff tata usaha. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer yang berasal dari informan penelitian, dan sumber data skunder yaitu diperoleh dari dokumen-dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pelaksanaan administrasi kesiswaan di MTs Al-Muhajirin Muara Padang Banyuasin sudah di laksanakan dengan cukup baik melalui beberapa indikator, yaitu adanya koordinasi dalam membantu penerimaan peserta didik baru, orientasi terhadap peserta didik baru, menyusun program pengembangan diri siswa dan membuat laporan kemajuan belajar siswa. Adanya komunikasi dalam penerimaan peserta didik baru, orientasi peserta didik baru, menyusun program pengembangan diri siswa. Adanya pengarahan dalam penerimaan peserta didik baru, orientasi peserta didik baru, menyusun program pengembangan diri siswa. Adanya motivasi dalam penerimaan peserta didik baru, orientasi peserta didik baru, menyusun program pengembangan diri siswa dan membuat laporan kemajuan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...