EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
Vol 8, No 1 (2024): Januari-Maret

Peningkatan Kemampuan Hafalan Sholat Dengan Metode Pembiasaan Melalui Sholat Dhuha Berjamaah di MITQ AlManar Klaten

Fatoni, Mahfud Heru (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2024

Abstract

Shalat adalah salah satu ibadah wajib kepada Allah Ta’ala yang paling tinggi nilainya sehingga perlu mengajarkannya sejak dini pada anak-anak baik gerakan  shalat maupun bacaan shalat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hafalan bacaan shalat pada anak-anak kelas 1A di MITQ Al Manar Kelurahan Pundungsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah dengan metode pembiasaan shalat dhuha yang dilaksanakan secara berjamaah dan jahriyah (mengeraskan bacaan shalat). Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bersifat pastisipatif dan kolaboratif. Perencanaan yang dipakai yaitu metode penelitian tindakan yang dikembangkan oleh kemmis dan Mc. Taggart yangmana  mempunyai langkah-langkah seperti: (a) perencanaan, (b) tindakan/ acting, (c) pengamatan/ observing, (d) Refleksi atau hasil observasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan dengan berjamaah dan jahriyah dapat meningkatkan hafalan bacaan shalat dari 36% sampai 98-100%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu (1) Shalat dhuha boleh dilakukan secara berjamaah dan jahriyah dalam rangka untuk pembelajaran. (2) Pembiasaan dilakukan secara berulang-ulang sehingga menjadi terbiasa. (3) Pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan secara berjamaah dan jahriyah (mengeraskan bacaan shalat) dapat meningkatkan hafalan bacaan shalat pada anak-anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduriligia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the ...