Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 13, No 1 (2024)

PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU BAHASA INDONESIA

Desy Rufaidah (Unknown)
Siti Rochmiyati (Unknown)
Ermawati Ermawati (Unknown)
Wijaya Heru Santosa (Unknown)
Nanda Dewi Saputri (Unknown)
Diah Choirunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan profil pelajar Pancasila dalam buku bahasa Indonesia SMP kelas VII dan SMA kelas X. Data penelitian berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, dan wacana yang memuat penerapan Profil Pelajar Pancasila pada buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VII dan SMA kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian merupakan peneliti yang dibekali teori mengenai Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, peneliti dilengkapi dengan instrumen berupa kartu data yang memuat Profil Pelajar Pancasila. Instrumen tersebut divalidasi dengan validasi konten oleh pakar (expert judgement). Keabsahan data dilakukan dengan teknik pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi atau Focus Group Discusion (FGD). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam buku bahasa Indonesia jenjang sekolah menengah terdapat penerapan Profil Pelajar Pancasila meliputi dimensi (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebhinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif.Kata kunci: bahasa indonesia, buku, penerapan, profil pelajar pancasila

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...