Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 13, No 2 (2024)

KEARIFAN EKOLOGI DALAM NOVEL BARA KARYA FEBRIALDI R. SEBAGAI PEMAHAMAN NILAI PENDIDIKAN LINGKUNGAN

Rahman, Hasrul (Unknown)
Sanjaya, Angga Trio (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Kearifan ekologis berperan penting dalam membentuk nilai-nilai karakter bagi perubahan sosial yang lebih luas cakupannya. Konsep tersebut mengajarkan karakter cinta lingkungan yang berkelanjutan. Karakter tersebut memiliki pengaruh sebagai sarana pemahaman nilai pendidikan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kearifan ekologis dalam Novel Bara sebagai sarana pemahaman nilai pendidikan lingkungan. Studi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui pembacaan yang ekstensif, analisis, dan dokumentasi temuan. Data dianalisis menggunakan metode analisis konten yang sesuai dengan kerangka teori ekokritik sastra. Hasil penelitian yang ditemukan ialah tentang kearifan ekologis dalam novel Bara yang dapat menjadi landasan dalam membentuk karakter cinta lingkungan. Karakter tokoh utamanya mampu membentuk pemahaman kepada pembacanya tentang cara memperlakukan alam dengan semestinya. Di dalamnya terdapat pemahaman dan pengetahuan yang berperan penting dalam melestarikan lingkungan. Karya sastra yang menitikberatkan pada nilai-nilai pendidikan karakter cinta lingkungan memiliki kebermanfaatan bagi siswa di sekolah. Siswa dapat lebih mencintai dan melestarikan alam melalui karya sastra yang dibaca misalnya novel Bara.Kata kunci: Kearifan Ekologis, Nilai Pendidikan Lingkungan, Novel Bara 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...