Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 13, No 1 (2024)

PENGEMBANGAN E-MODUL DASTING BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA

Wakhyudi, Yuksan (Unknown)
Mulasih, Mulasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-Modul Dasting Berbasis Flipbook untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap mengikuti rancangan 4-D model dari Thiagarajan yang meliputi 1) define, 2) design, 3) development, dan 4) disemination. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Semester V FKIP, Universitas Peradaban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil pengujian bahan ajar e-Modul Dasting Berbasis Flipbook layak dan valid digunakan. Hasil validasi dari ahli materi dinyatakan sangat valid dengan presentase 86,4%, hasil uji validasi ahli bahasa dengan presentase 85% dan hasil validasi dari ahli media sebesar 88%. Sementara itu, terkait dengan uji kepraktisan e-modul Dasting berbasis flipbook dalam kegiatan pembelajaran diperoleh hasil 82.53%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan. Katakunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Penyuntingan, flipbook

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...