JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)
Vol 1, No 1 (2016)

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI MEJAYAN PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR ELEKTRONIKA

Hariwibowo, Agus (Unknown)
Kristiawan, Dony (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2016

Abstract

Terkait dengan mutu pendidikan, khususnya SMK saat ini kurang memuaskan dalam artian mereka banyak yang belum siap untuk memasuki dunia kerja. Hal ini disebabkan karena nilai kompetensi mereka banyak yang berada pada batas minimal. Siswa SMK lebih suka praktek dibandingkan dengan belajar teori, pada saat belajar teori banyak siswa yang malas ataupun cepat bosan. Melihat kondisi tersebut dirasa perlu mengambil langkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah menggunakan metode Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam proses belajar mengajar di kelas. Dengan memakai metode tersebut diharapkan siswa akan memiliki minat dan semangat untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran alat ukur elektronika siswa kelas X SMK PGRI Mejayan Caruban. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI Mejayan Caruban. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK PGRI Mejayan Caruban dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (classroom action research), dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data prestasi belajar siswa yang dikumpulkan dengan teknik tes serta data keaktifan belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, siswa yang telah tuntas belajar adalah sebesar 26,67%, siklus I sebesar 70%, dan siklus II meningkat menjadi 96,67%. Hal ini berarti telah tercapai ketuntasan belajar dengan peningkatan sebesar 70%. Begitu juga untuk keaktifan siswa, jika pada pra siklus hanya mencapai 46,74%, pada siklus I meningkat menjadi 70% dan pada siklus II telah mencapai indikator ketuntasan menjadi 90%. Selama pra siklus hingga siklus II, keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 43,26%. Berdasarkan data hasil penelitian serta pembahasan, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran alat ukur elektronika siswa kelas X SMK PGRI Mejayan Caruban. Kata Kunci : PAKEM, Hasil Belajar, Alat Ukur Elektronika

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Focus and scope of the journal: Electronic Engineering Education Media Development and Learning Models of Electronic Engineering Education Evaluation and Assessment of Electronic Engineering Education Electronic Engineering Electromagnetic Field Robotic ...