Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 9 No 3 (2024): Edisi September 2024

Strategi Perubahan Inovatif dalam Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Muhammadiyah

Naomi Fahma (Universitas Muhammadiyah Klaten, Klaten, Jawa Tengah)
Anton Adi Suryo Kusuma (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah)
Harun Joko Prayitno (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah)
Bambang Soemardjoko (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah)
Sabar Narimo (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Kepemimpinan mempunyai kedudukan yang strategis dalam organisasi bahkan mempengaruhi kinerja organisasi. Peran kepemimpinan kepala sekolah dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah yang membawa pengaruh positif mampu membawa perubahan bagi sekolah terutama pada sekolah muhammadiyah. Perubahan sekolah dapat tercapai apabila kepala sekolah sebagai pemimpin mempunyai kompetensi merumuskan visi, misi, tujuan dan strategi secara inovatif pada sekolahnya. Bentuk kepemimpinan kepala sekolah yang mempunyai kompetensi tersebut dapat dikatakan kepemimpinan visioner. Penelitian ini memilih MI Taskombang Klaten, Indonesia, sebagai tempat untuk melakukan studi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus dipilih karena MI Taskombang Klaten telah mengalami perubahan signifikan selama beberapa tahun terakhir dan menjadi sekolah rujukan dan bisa dikatakan sekolah favorit. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peran kepemimpinan visioner kepala sekolah, (2) strategi kepala sekolah dalam melakukan perubahan sekolah yang efektif, (3) inovasi yang dilakukan kepala sekolah dalam melakukan perubahan sekolah yang efektif, (4) proses terjadinya perubahan di sekolah, (5) faktor pendukung kepala sekolah dalam melakukan perubahan, dan (6) faktor penghambat kepala sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...