Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 9 No 3 (2024): Edisi September 2024

Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Stastistik di Kelas VI Sekolah Dasar

Bayu Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah)
Yayuk Sumarni (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah)
Siti Fatimah (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah)
Budi Murtiyasa (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah)
Sumardi Sumardi (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Statistik sebagai materi pelajaran dari pelajaran matematika diajarkan sejak dari sekolah dasar. Statistik berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Peran guru sebagai orang yang mentransfer pengetahuan kepada siswanya harus memperhatikan keragaman yang dimiliki oleh siswanya sehingga mampu menerapkan metode, model, dan strategi yang tepat dalam proses belajar mengajar. Banyak guru yang gagal dalam mengajarkan materi statistik di kelas VI sekolah dasar. Kegagalan ini disebabkan karena guru kurang memperhatikan keberagaman siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi alternatif bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengajarkan pembelajaran materi statistik di kelas VI sekolah dasar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai bagaimana proses belajar di kelas dan hasil yang diperoleh dengan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada materi statistik di sekolah dasar. Hasil ini bisa dilihat dari nilai rata-rata siswa diawal yaitu 47,95 atau dalam kategori sangat rendah meningkat menjadi rata-rata 74,55 atau dalam kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...