Jurnal Pendidikan
Vol. 29 No. 1 (2020): March

Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match Pada Siswa Kelas IXA SMP Veteran 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2019/2020

. Waryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini:  (1). Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran  Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan minat siswa pada mata Pelajaran IPS pada siswa kelas IXA semester 1 SMP Veteran 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2018/2019. (2). Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran kooperatif tipe Make A Match  dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas IXA dalam mata pelajaran IPS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Make A Match  mampu meningkatkan minat siswa dari prosentase minat belajar pra siklus sebesar 52,40% meningkat pada siklus I menjadi 70,02%, dan pada siklus kedua menjadi 80,83%. Bahwa Metode pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata 71,3 pada pra siklus menjadi rata-rata 75,2 pada siklus I dan 80,4 pada siklus II.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...