Jurnal Pendidikan
Vol 29 No 3 (2020): November

Korelasi Pemahaman Strutur Kalimat dan Motivasi Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Tahun pelajaran 2019/2020

PUTRANTI, CINTA TRI WINANI (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

   Abstrak: Penelitian ini menggunakan survey melalui studi korelasi dengan mengambil sample menggunakan Proposional Random Sampling. Lokasi penelitian di SD se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) hubungan antara pemahaman struktur kalimat dengan keterampilan menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo; (2) Hubungan antara motivasi membaca dengan keterampilan menulis karangan deskriptif pada peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo; 3) Hubungan antara pemahaman struktur kalimat dan motivasi membaca dengan keterampilan menulis karangan deskriptif peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan signifikan antara pemahaman struktur kalimat dengan keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo (p=0,018); (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi membaca dengan keterampilan menulis karangan deskriptif peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo (p=0,044); (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman struktur kalimat dan motivasi membaca dengan keterampilan menulis karangan deskriptif peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo (p=0,000).Kata-kata Kunci: pemahaman struktur kalimat, motivasi membaca, menulis karangan deskrips

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...