Jurnal Pendidikan
Vol 30 No 1 (2021): March

Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah melalui Metode Permainan dan Media Kartu Bilangan pada Siswa Kelas II SDN Sendangmulyo

suratmi, suratmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah melalui metode permainan dan media kartu bilangan pada siswa Kelas II SDN Sendangmulyo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode permainan dan media kartu bilangan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah. Tempat penelitian adalah Kelas II SDN Sendangmulyo. Waktu penelitian pada Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data adalah tes, pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa tes dengan soal isian singkat, lembar pengamatan dan dokumen foto. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah metode permainan dan media kartu bilangan meningkatkan hasil belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah pada siswa Kelas II SDN Sendangmulyo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan hasil belajar, yaitu rata-rata kelas pada Kondisi Awal 60,8, Siklus I meningkat menjadi 67,8 dan  Siklus II meningkat lagi menjadi 77,9 dan ketuntasan siswa pada Kondisi Awal 33% atau 8 siswa, Siklus I menjadi 46% atau 11 siswa dan Siklus II menjadi 79% atau 19 siswa.Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, Perkalian, Metode Permainan, Media Kartu Bilangan. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...