Jurnal Pendidikan
Vol 30 No 2 (2021): July

Meningkatkan Penguasaan Mata Pelajaran PKn tentang Budaya Indonesia melalui Penugasan dengan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanglincak

sugino, sugino (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan penugasan dengan metode diskusi kelompok dalam mata pelajaran PKn tentang budaya Indonesia dan peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Karanglincak Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini adalah model siklus. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian ini adalah penerapan penugasan dengan metode diskusi kelompok di dalam kelas dan di luar kelas dan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada Kondisi Awal adalah nilai rata-rata sebesar 64,46 dan ketuntasan sebesar 14,28%. Hasil belajar pada Siklus I adalah nilai rata-rata sebesar 74,28 dan ketuntasan sebesar 60,71%. Hasil belajar pada Siklus II adalah nilai rata-rata sebesar 84,46 dan ketuntasan sebesar 96,42%. Kata-kata Kunci: Budaya Indonesia, Penugasan, Diskusi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...