Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan dan memunculkan inovasi dalam penciptaan media pembelajaran berbasis digital, terutama komik digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Peneliti menggunakan metode kualitatif, memanfaatkan data yang diperoleh dari 60 orang responden yang menjadii informan dalam penelitian ini dengan mengisi angket yang disebarkan melalui Google Formulir. Teknik analisis datanya dengan menganalisis jawaban angket dan memetakannya menjadi data penelitian. Hasil penelitian ini adalah media komik digital sangat menarik untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran, terlebih dengan memanfaatkan laman Make Beliefs Comix yang memiliki banyak kelebihan, yakni laman Make Beliefs Comix dapat digunakan tanpa harus mengunduk aplikasi, dapat digunakan oleh pengguna yang tidak terampil dalam menggambar, mudah dalam pengoperasiannya, dan hemat biaya. Sedangkan kekurangan laman ini yakni, memerlukan koneksi intenet yang baik serta memerlukan komputer jinjing atau komputer agar lebih mudah digunakan.Kata-kata Kunci: Make Beliefs Comix, Media Pembelajaran, dan Teknologi
Copyrights © 2021