Jurnal Pendidikan
Vol 30 No 2 (2021): July

Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan

Susanto, Yohanes (Unknown)
Riwukore, Jefirstson Richset (Unknown)
Afrianti, Isti (Unknown)
Habaora, Fellyanus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui besaran pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Lubuklinggau menggunakan metode assosiatif kuantitatif, dengan menghubungkan variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada para guru dengan sampel sebanyak 45 responden. Teknis analisis pada peelitian ini menggunakan teknis statistik analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 20.0. Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan nilai uji t-hitung untuk variabel kompetensi sebesar 2,722 > dari t-tabel 2,021 dengan nilai sig 0,000. Hal ini menunjukan bahwa kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru, sedangkan untuk variabel motivasi uji t-hitung sebesar 3,022 > dari t-tabel 2,021 dengan nilai sig 0,000 yang berarti ada pengaruh seignifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil uji- F variabel kompetensi dan motivasi kerja guru sebesar 10,380 > dari f-tabel 3,22 nilai sig 0,000 menunjukkan simultan variabel kompetensi dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Lubuklinggau, namun secara parsial motivasi kerja lebih dominan mempengaruhi kinerja guru, maka disarankan agar unsur pimpinan khususnya Kepala Sekolah agar dapat memberikan program kerja dan kesejahteraan guru guna memacu motivasi kerja di sekolah.Kata-kata Kunci: kompetensi, motivasi kerja, dan kinerja guru

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...