Jurnal Pendidikan
Vol 32 No 3 (2023): November

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Aplikasi Web Powtoon terhadap Kemampuan Menyimak Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Purabaya

Aprilia, Sevani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw berbantuan aplikasi web Powtoon terhadap kemampuan menyimak teks ulasan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Purabaya. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh di kelas eksperimen memiliki rata-rata 60,24 pada kegiatan pretest dan 77,14 pada kegiatan posttest. Sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata yang di dapat pada kegiatan pretest 40,90 dan posttest 55,45. Data ini kemudian di analisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikasi 0,05 di dapatkan nilai thitung 3,60 dan ttabel 1,683. Karena thitung > ttabel maka ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran jigsaw berbantuan aplikasi web Powtoon pada kemampuan menyimak siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Purabaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...