Jurnal Pendidikan
Vol 33 No 2 (2024): July

Perpustakaan Digital Meningkatkan Literasi Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar

Isnaini, Ruswi (Unknown)
Kurniawan, Andriyanto (Unknown)
Marjito, Marjito (Unknown)
Pratiwi, Veronika Unun (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini menyelidiki pengaruh perpustakaan digital terhadap literasi dongeng anak SD. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui survei dan observasi pada siswa SD yang aktif menggunakan perpustakaan digital. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat membaca, kemajuan dalam pemahaman dongeng, dan keterkaitan antara penggunaan perpustakaan digital dengan literasi dongeng anak. Faktor pendukung, seperti dukungan orang tua dan pendidik, serta aksesibilitas perpustakaan digital, memainkan peran penting. Implikasi penelitian ini melibatkan pengembangan strategi pendidikan yang mengintegrasikan perpustakaan digital dalam kurikulum anak SD, dengan partisipasi aktif orang tua dan pendidik. Kata Kunci : perpustakaan digital, literasi dongeng, anak SD, minat membaca, pemahaman dongeng.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...