Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Digital Bagi Guru di SD

Humairah (Universitas Muhammadiyah Lamongan)
Rizka Novi Irmaningrum (Unknown)
Rian Kurnia Suci (Unknown)
Alvafa Banin Najah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Penguasaan konsep numerasi sejak dini merupakan faktor penting dalam membangun kemampuan berpikir logis dan kemampuan berhitung siswa di jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa sekolah dasar (SD). Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru SD dalam mengembangkan media pembelajaran numerasi berbasis digital. Metode yang digunakan meliputi ceramah, praktik, dan pendampingan. Peserta terdiri dari 20 guru SD yang berasal dari MIM 16 Karangasem. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran numerasi berbasis digital. Selain itu, antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran numerasi di sekolah dasar dan mendukung terwujudnya pembelajaran yang lebih efektif dan menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...