Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam penggunaan e-learning oleh mahasiswa PGSD. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dikirim kepada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa terbiasa menggunakan teknologi pembelajaran, memiliki akses mudah di mana saja dan kapan saja selama proses pembelajaran selama jaringan baik, dan menggunakan berbagai aplikasi dalam pembelajaran online. Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa menghadapi berbagai tantangan selama menggunakan e-learning, termasuk masalah koneksi internet dan kesulitan teknis dengan platform e-learning, termasuk kurangnya interaksi tatap muka. Kurangnya keterampilan dan pengetahuan teknis di antara mahasiswa juga merupakan hambatan yang signifikan. Penelitian ini juga menekankan pentingnya infrastruktur dan dukungan yang memadai untuk keberhasilan e-learning. Penelitian merekomendasikan agar universitas menyediakan dukungan teknis dan pelatihan bagi mahasiswa untuk mengatasi tantangan ini. Temuan penelitian ini dapat bermanfaat bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan kualitas e-learning bagi mahasiswa PGSD. Penelitian ini juga menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas e-learning dalam meningkatkan hasil pembelajaran mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023