Jurnal Sains Manajemen
Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Sains Manajemen

ANALISA LAYANAN FRONT OFFICE DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN TAMU DI HOTEL KIRANA YOGYAKARTA

Ristanti Ristanti (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta)
Agung Sulistyo (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta)
Fitri Dwi Kusumawati (Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Front office menjadi departemen yang berperan penting dalam pelayanan tamu. Departemen ini memiliki beberapa divisi, seperti: greeter and bell boy, front desk attendant, telephone operator dan guest relation officer. Sebagai salah satu bagian dari front office, keberadaan guest relation officer (GRO) sangatlah penting. Salah satu tugas penting yang dijalankan adalah memastikan tamu mendapatkan layanan terbaik. Standar layanan yang jelas perlu disusun untuk menciptakan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat standar layanan yang diberikan guest relation officer dalam menciptakan kepuasan tamu hotel. Desain kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Fokus penelitian ini membuka selubung praktek layanan Guest Relation Officer (GRO) pada Hotel Kirana Yogyakarta. Kegiatan wawancara semi terstruktur digunakan dalam penelitian ini. Beberapa instrument menjadi tema utama antara lain: responsiveness, reliability, assurance, empathy dan tangible. Informan dalam penelitian ini adalah staff Guest Relation Officer yang berjumlah tiga orang. Metode Miles Huberman dan Triangulasi digunakan dalam analisa dan validasi data penelitian. Beberapa instrument yang digunakan telah sepenuhnya diterapkan oleh Hotel Kirana Yogyakarta. Instrument tersebut secara nyata menjadi aspek yang mampu menciptakan kepuasan tamu. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan dalam menerapkan konsep layanan berkualitas guna menciptakan kepuasan tamu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal Sain Manajemen merupakan Jurnal yang bertujuan untuk mewadahi semua informasi hasil penelitian, telaah pustaka, makalah teknis, dan kajian buku, dari berbagai cabang Ekonomi dan Manajemen. Diharapkan dengan adanya wadah penerbitan ini dapat berkontribusi dalam penyampaian informasi ilmiah ...