Madaris: Jurnal Guru Inovatif
Vol 2 No 1 (2022): JURNAL MADARIS EDISI KHUSUS ISOE TAHUN 2022

PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN E-LKPD INTERAKTIF BERKONTEKS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES

Nikmatur Rohmaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan E-LKPD interaktif berkonteks Socioscientific Issues, 2) mendeskripsikan peningkatan literasi sains peserta didik dengan menggunakan E-LKPD interaktif berkonteks Socioscientific Issues. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan adaptasi model 4D, yakni tahap define, design, dan develop. Prosedur pengembangan yang dilakukan yakni pada tahap define dilaksanakan analisis kebutuhan melalui observasi dan tes kemampuan awal literasi sains. Pada tahap design dikembangkan produk yaitu E-LKPD interaktif berkonteks isu-isu sosial ilmiah. Pada tahap develop dilakukan pengembangan E-LKPD interaktif melalui website liveworksheet, com kemudian diujicobakan kepada siswa kelas XI MIPA MAN Buleleng. Berdasarkan hasil skor literasi sains terdapat peningkatan skor literasi sains dari semua dimensi. Pada dimensi menjelaskan fenomena secara ilmiah peningkatan skor literasi sains sebesar 22,7%, dimensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan sains terjadi peningkatan sebesar 25,33%, dan dimensi menafsirkan informasi serta bukti berdasar sains terjadi peningkatan sebesar 24%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

md

Publisher

Subject

Education Other

Description

Madaris: Jurnal Guru Inovatif, with ISSN 2776-5601 (print) and 2716-4489 (online), is a high-quality open-access peer-reviewed journal that is published by Direktorat GTK Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Madaris: Jurnal Guru Inovatif provides a platform that welcomes and ...