Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023

Metode Guru dalam Pembelajaran Tahfidz dan Kesulitannya pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Cemara Pekanbaru

Akhyar, Yundri (Unknown)
Ningsih, Wirda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini di latar belakang oleh banyaknya  permasalahan  yang  dialami  guru TK dan PIAUD Ketika mengajarkan tahfidz Al-quan pada anak usia dini.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode   penelitian   ini   menggunakan   teknik   wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan 12 anak kelas B TK cemara Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui metode guru dalam mengajar dan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya selama proses pembelajaran tahfidz si TK Cemara Pekanbaru. Hasil dari penelitian ini adalah metode guru dalam pembelajaran tahfiz yaitu 1) pembukaan yaitu kegiatan berdoa, sambung ayat, dan murojaah ayat-ayat yang sudah dipelajari. 2)Pembelajaran Inti, guru membacakan ayat 3 kali lalu anak-anak mengikuti sebanyak 5 kali, hingga benar-benar hapal. 3) penutup; Anak-anak membaca kembali ayat yang sudah di berikan guru secara satu-persatu, guru menulis buku target hapalan, bercerita kisah-kisah di Al-Quran, dan anak-anak Kembali ke kelas. Kesulitan guru dalam mengajar tahfidz adalah anak-anak bosan,  kurangnya partisipasi orang tua, kurangnya motivasi anak.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan menerbitkan artikel ilmiah yang meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...