cover
Contact Name
Yenda Puspita
Contact Email
yendapuspitah@gmail.com
Phone
+6282390436300
Journal Mail Official
yendapuspitah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Mutiara Cadika Blok A Nomor 5 Bangkinang Kota, Kab. Kampar, Riau 28411
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 29868300     DOI : 10.37985
Core Subject : Education,
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan menerbitkan artikel ilmiah yang meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 77 Documents
Penerapan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Telekomunikasi Pekanbaru Nasrianti, Reni
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan selama ini dianggap tidak menarik  sehingga siswa tidak terampil dalam berfikir dan masih rendahnya rasa ingin tahu mereka terhadap pembelajaran. Para guru juga kurang peka terhadap kebutuhan para pelajarnya, sehingga mereka tidak bisa memberikan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan. Maka salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah Model Inquiry dengan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.  Penelitian dilakukan di SMP Telekomunikasi Pekanbaru dengan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas VII. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tekhnik observasi dan wawancara dilapangan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu pengaruh model inkuiry dengan metode eksperimen memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa karena dapat meningkatkan pemahaman konsep dan  aktivitas belajar siswa.
Metode Guru dalam Pembelajaran Tahfidz dan Kesulitannya pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Cemara Pekanbaru Akhyar, Yundri; Ningsih, Wirda
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i1.26

Abstract

Penelitian ini di latar belakang oleh banyaknya  permasalahan  yang  dialami  guru TK dan PIAUD Ketika mengajarkan tahfidz Al-quan pada anak usia dini.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode   penelitian   ini   menggunakan   teknik   wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan 12 anak kelas B TK cemara Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui metode guru dalam mengajar dan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya selama proses pembelajaran tahfidz si TK Cemara Pekanbaru. Hasil dari penelitian ini adalah metode guru dalam pembelajaran tahfiz yaitu 1) pembukaan yaitu kegiatan berdoa, sambung ayat, dan murojaah ayat-ayat yang sudah dipelajari. 2)Pembelajaran Inti, guru membacakan ayat 3 kali lalu anak-anak mengikuti sebanyak 5 kali, hingga benar-benar hapal. 3) penutup; Anak-anak membaca kembali ayat yang sudah di berikan guru secara satu-persatu, guru menulis buku target hapalan, bercerita kisah-kisah di Al-Quran, dan anak-anak Kembali ke kelas. Kesulitan guru dalam mengajar tahfidz adalah anak-anak bosan,  kurangnya partisipasi orang tua, kurangnya motivasi anak.  
Using CVC (Consonant Vowel Consonant) With Picture Media In Teaching Vocabulary For The Young Learner Ningsih, Wirda; Akhyar, Yundri; Puspita, Yenda
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i1.29

Abstract

The study's goal is to determine whether using words with pictures and consonants increases students' language success in the second grade at SDIT Future Islamic School Pekanbaru. The pre-experimental technique was used in the study. The population of this research was the second grade students of SDIT Future Islamic School Pekanbaru in 2022/2023 academic year, There were two classes, II A and II B, each with 25 and 26 students, respectively. The total population was 51 students. The researcher used purposive sampling technique. The total sample of this research was 25 students. The result of the data analysis showed that the students’ vocabulary achievement, in the pre-test was X1 = 45.6and the post-test was X2 = 85.06. The result of the t-test value was (14.00) greater than the t-table value was (2.075). This indicates that the null hypothesis (H0) was rejected and the alternative hypothesis (H1) was accepted. In other word, after the treatment, it can be concluded that the mean score of the students’ pre-test is smaller than the mean score of the students’ post-test (56.67 < 85.77). It means that the use of CVC word with pictre can increase the students’ vocabulary mastery in English.
The Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Andragogi Raharjo, Semiono
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i1.34

Abstract

This study aims to determine whether Problem Based Learning (PBL) based on andragogy approach can improve students' activities and learning outcomes on Optical Tools material. The research was conducted using Classroom Action Research method. The research subjects were students of SMAN 1 Piyungan class XI MIPA-2 totaling 36 students. One class was subjected to action, namely learning with PBL model based on andragogy approach. Data on student learning activities were obtained from student learning activity observation sheets. The success indicator for student learning activity is at least 75% and the indicator of student learning outcome completeness individually is at least 75 and classically at least 85% students are complete. The percentage of classical completeness increased after being given action in cycle I with a score of 78, in cycle II it increased with an average score of 81, while in cycle III it increased with an average score of 88. Student learning activities have increased from cycle to the next cycle, namely 26% in cycle I, 57% in cycle II, and 96% in cycle III. With these results, it can be concluded that the PBL model based on the andragogy approach can increase students' activity and learning outcomes in class XI MIPA-2 SMAN 1 Piyungan on the material of Optical Tools.
Pendidikan Berbudaya Perspektif Pemikiran Max Weber Mukhyar, Mukhyar
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i1.38

Abstract

Max Weber merupakan seorang sosiolog dan filsuf terkenal yang mempelajari berbagai fenomena sosial, termasuk pendidikan. Dalam pandangan Weber, pendidikan merupakan bagian dari proses sosialisasi yang penting dalam membentuk karakter seseorang. Namun, Weber juga memandang bahwa pendidikan tidak hanya berfungsi untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga untuk membentuk kepribadian dan nilai-nilai budaya yang penting dalam kehidupan sosial. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengkaji secara literatur pemikiran Max Weber tentang pentingnya pendidikan berbudaya. Maka untuk memenuhi tujuan ini, digunakan sumber karya paling penomenal dari Max Weber yakni “The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism” dan didukung oleh karya lain Max Weber termasuk karya ahli lain dan rujukan lain yang relevan dengan pembahasan. Sedangkan metode yang digunakan adalah library research. Selanjutnya dari analisis yang dilakukan menurut Max Weber, pendidikan berbudaya memiliki dua aspek utama, yaitu: Pertama, individu yang kreatif, individu yang memiliki tanggung jawab sosial; Kedua, perlunya nilai-nilai budaya dan etika dalam pengembangan pendidikan. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa Max Weber menjadikan etika dan budaya sebagai penuntun dalam mengembangkan pendidikan.
Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Materi Asam Basa Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Piyungan Ratiana, Evy
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i2.179

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kimia siswa kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Piyungan Bantul dengan metode Eksperimen Berbasis Lingkungan pada materi Asam Basa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Piyungan yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes evaluasi hasil belajar Kimia, lembar observasi guru, lembar observasi keaktifan siswa, angket respon siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi.> 75 mencapai 77,7%. Pada siklus kedua materi pembelajaran yang dibahas Derajat Keasaman (pH) dan identifikasi asam basa dengan indikator kertas lakmus dan indikator universal prosentase siswa yang mendapat nilai > 75 mencapai 86,1% dengan demikian penelitian ini berhasil sesuai dengan indikator keberhasilan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dari 61,10% menjadi 71,80% dan pada siklus II dari 76,10% menjadi 82,50% berarti aktivitas belajar kimia siswa meningkat dan berjalan dengan baik. Demikian pula respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode Eksperimen Berbasis Lingkungan ini menunjukkan respon positif siswa merasa tertarik dan termotivasi pada siklus I prosentase 89,70% menjadi 94,10% pada siklus II
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Cerdas Ceria Asmaiyah, Asmaiyah; Hayati, Sholatul; Nurhayati, Is
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i2.181

Abstract

Pola asuh orang tua pada anak usia dini akan mempengaruhi periode berikutnya yaitu pencapaian perkembangan sosial emosional anak usia 5 - 6 tahun. Pola asuh merupakan suatu cara yang dipilih orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan untuk melakukan tanggung jawab kepada anak, dapat dipahami bahwa pola asuh merupakan cara yang digunakan orangtua untuk mendidik dan berkomunikasi dengan anak yang mencakup pemberian tuntutan dan tanggapan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pola asuh orang tua anak usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria, menjelaskan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria, dan menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria, hal ini dapat menyebabkan perkembangan sosial emosional anak yang berbeda beda hal ini dilihat dari adanya pengaruh yang signifikan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria dengan hasil F hitung ( 5,428) > F tabel (4,60)
Pengembangan (Research And Development) E-Modul Berbasis Video Interaktif Untuk Meningkatkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Terpadu Insan Ceria Rukmini, Eneng Rima; Hayati, Sholatul; Insyira, Yonia Ilma
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i2.184

Abstract

Anak usia dini merupakan sosok individu yang sedang menjalani suatu proses pekembangan dengan pesat, anak usia dini disebut juga golden age karena fisik motorik anak berkembang dan tumbuh dengan cepat, baik perkembangan emosional, intelektual, bahasa, moral, ataupun budi pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kegiatan “Pengembangan E-Modul Berbasis Video Interaktif Untuk Meningkatkan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Paud Terpadu Insan Ceria”. Menjelaskan kondisi perkembangan moral anak melalui E-Modul dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Devlopment (R&D). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, objek penelitiannya adalah E-Modul, informannya adalah pakar PAUD dan anak PAUD usia 5-6 tahun. Pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentai. Teknik analisis data, pengembangan produk,validasi pakar PAUD, dan respon angket anak dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Kegiatan pengembangan e-modul berbasis video interaktif sebagai media pembelajaran interktif,. Adapun kondisi perkembangan moral yang tumbuh pada anak Paud Perpadu Insan Ceria terlihat melalui sikap yaitu dapat membiasakan mengucapkan salam, dapat menolong teman ketika membutuhkan bantuan, dapat mengucapkan terimakasih ketika diberi bantuan, berbicara santun, membiasakan berdo’a sebelum melakukan kegiatan dan dapat meminta maaf ketika berbuat salah. Dalam meningkatkan moral anak usia ini 5-6 tahun dilaksanakan dengan metode pembiasan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan prinsip belajar melalui bermain dan pengalaman langsung.
Pola Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Kabupaten Gunungkidul Purbaningrum, CWD; Bawono, Septiono Eko; Karim, Lutfiana Ayu Riskiyanti; Nurcahyani, Nella Chantika; Santika, Elga Rohana Nia; Ramadhan, Aldi Surya
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i2.185

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Pariwisata telah terbukti dapat mendorong pertumbuhan perekonomian melalui peluang investasi, peluang kerja, peluang berusaha dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan desa wisata di Kabupaten Gunungkidul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan desa wisata di Kabupaten Gunungkidul dilakukan mulai dari penyadaran masyarakat, pengkapasitasan melalui pelatihan dan pendayaan untuk mencapai masyarakat yang berdaya dan desa wisata yang berkelanjutan
Penerapan Media Loose Parts Dalam Pengembangan Kognitif Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun Tiyanah, Iis; Jamalulel, Habib Alwi; Humaedi, Humaedi
Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70437/edusiana.v1i2.186

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia dini perlu dirangsang dengan berbagai media dan kegiatan agar dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kognitif berhitung melalui media loose parts pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Istiqomah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan yakni pedoman wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan media loose parts anak-anak di PAUD Al-Istiqomah dapat meningkat perkembangan kognitif berhitungnya. Anak-anak semakin terampil menggunakan material loose parts sesuai ide dan imajinasinya, juga merasa senang dan tidak cepat bosan karena loose parts mudah ditemui, digunakan, dan dapat dibongkar pasang sesuai keinginan anak.