Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2024): April 2024

Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Bingo Di TK PKK Gema

Nurpadila, Nurpadila (Unknown)
Fauziddin, Moh (Unknown)
Lasmana, Melvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Salah satu kegiatan perkembangan berhitung yang sangat mendasar di lembaga TK adalah anak mengenal suatu bilangan (aritmatika). Permainan bingo dapat membantu anak untuk mengingat, memahami dan mengerti akan pentingnya suatu kegiatan tersebut bagi dirinya dan dapat memberikan pengaruh untuk meningkatkan pengetahuan anak, sehingga anak dapat memahami konsep bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kemampuan berhitung melalui permainan Bingo di TK PKK Gema. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model spiral Kemmis dan Taggart. Sampel dalam penelitian ini adalah anak di TK PKK Gema yang berjumlah 12 orang pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dengan penerapan metode bermain dengan menggunakan permainan Bingo dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung anak, guru hendaknya menggunakan media yang lebih bervariatif dan menstimulasi tahapan-tahapan perkembangan kognitif anak, seperti media ikan di akuarium ini yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Media ikan di akuarium ini merupakan media yang dapat membantu anak dalam mencapai tahapan penguasaan berhitung anak sehingga anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan menerbitkan artikel ilmiah yang meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...