Tujuan penelitian ini untuk mengukur supervisi nilai keseriusan untuk melihat kemampuan guru dalam menilai hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah guru wali kelas di Sekolah Menengah Pertama yang terdiri dari 8 orang guru. Objek penelitian adalah peningkatan kemampuan guru dalam melakukan kegiatan penilaian hasil belajar. Lokus penelitian berada di Sekolah Menengah Pertama Santa Maria Muara Teweh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membaca data dengan cara membandingkan hasil dari sebelum dilakukan tindakan dan sesudah tindakan. Analisis data ini dilakukan pada saat tahapan refleksi. Temuan penelitian yaitu pelaksanaan supervisi kelas terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan penilaian hasil belajar. Guru menunjukkan nilai keseriusan dalam memahami dan melaksanakan kegiatan penilaian hasil belajar. Observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru melaksanakan kegiatan penilaian hasil belajar dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata capaian secara klasikal dari 42,82 dengan kategori kurang, meningkat menjadi 67,82 dengan kategori cukup serta pada siklus terakhir menjadi 86,11 dengan kategori baik, dan secara individual per guru dari 2 orang atau 33,33% pada siklus pertama meningkat menjadi 100% atau 6 orang guru pada siklus terakhir.
Copyrights © 2024