Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam pengembangan literasi digital guru untuk mewujudkan sekolah penggerak di SMP negeri 3 Palopo, penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama peran kepala sekolah untuk mewujudkan sekolah penggerak diantaranya kepala sekolah sebagai Inovator, kepala sekolah sebagai Leader, kepala sekolah sebagai Motivator, kepala sekolah sebagai Educator, kepala sekolah sebagai Manajer, kepala sekolah sebagai supervisor, dan kepala sekolah sebagai Administrator. Kedua pengembangan literasi digital guru untuk mewujudkan sekolah penggerak meliputi beberapa proses diantaranya; Social Net Working (Jaringan Sosial) dan Transliteracy (Trnsliterasi), Maintening Privacy (Menjaga Privasi) dan managing digital identity (Mengelola Identitas), Creating Content (Membuat Konten). Ketiga, faktor pendukung dalam pengembangan literasi digital guru untuk mewujudkan sekolah penggerak diantaranya; Adanya kerja sama yang baik dan kekompakan antara seluruh komponen di sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, adanya visi misi sekolah yang harus dicapai sedangkan faktor penghambatnya yaitu, rendahnya minat literasi guru dan siswa
Copyrights © 2024