Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research
Vol. 1 No. 1 (2024): science for life

Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Literasi Digital Guru Untuk Mewujudkan Sekolah Penggerak di SMP Negeri 3 Palopo

Ricky Bambang Pamungkas (Unknown)
Alauddin (Unknown)
Firmansyah (Unknown)
Tasdin Tahrim (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam pengembangan literasi digital guru untuk mewujudkan sekolah penggerak di SMP negeri 3 Palopo, penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama peran kepala sekolah untuk mewujudkan sekolah penggerak diantaranya kepala sekolah sebagai Inovator, kepala sekolah sebagai Leader, kepala sekolah sebagai Motivator, kepala sekolah sebagai Educator, kepala sekolah sebagai Manajer, kepala sekolah sebagai supervisor, dan kepala sekolah sebagai Administrator. Kedua pengembangan literasi digital guru untuk mewujudkan sekolah penggerak meliputi beberapa proses diantaranya; Social Net Working (Jaringan Sosial) dan Transliteracy (Trnsliterasi), Maintening Privacy (Menjaga Privasi) dan managing digital identity (Mengelola Identitas), Creating Content (Membuat Konten). Ketiga, faktor pendukung dalam pengembangan literasi digital guru untuk mewujudkan sekolah penggerak diantaranya; Adanya kerja sama yang baik dan kekompakan antara seluruh komponen di sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, adanya visi misi sekolah yang harus dicapai sedangkan faktor penghambatnya yaitu, rendahnya minat literasi guru dan siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hjm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

The Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research stands as a beacon of intellectual exploration and collaboration, providing a scholarly platform for the intersection of diverse fields of study. Rooted in the pursuit of knowledge across a broad spectrum, this esteemed journal fosters a dynamic ...