Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis penerapan mekanika fluida pada sistem peredaran darah. Metode penelitian melibatkan penyebaran kuesioner kepada siswa di SMA Negeri 1 Onan Ganjang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas 11 di SMA Negeri 1 Onan Ganjang, dengan populasi siswa sebanyak 128 siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Onan Ganjang. Kuesioner berisi 24 pertanyaan pilihan ganda yang dirancang untuk menilai pemahaman siswa mengenai prinsip dasar mekanika fluida serta kemampuan mereka menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam menganalisis aliran darah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengukur nilai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa secara keseluruhan menunjukkan 49 % diperoleh informasi bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis mata pelajaran fisika dalam bidang biologi pada soal dengan tingkat keseluruhan pada mendapat kategori cukup. Untuk kemampuan siswa berdasarkan taksonomi bloom C1 56,24% kategori cukup, C2 92,70% kategori sangat baik, C3 45,10% kategori cukup, C4 41,66% kategori cukup, C5 39,57% kategori buruk, dan C6 36,45% kategori buruk. Untuk hasil kemampuan siswa dalam LOT 64,68% kategori cukup, dan untuk hasil HOT 39,57% kategori buruk.
Copyrights © 2024