SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Kakurwan pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V di Kecamatan Tanjungjaya

Resa Nurfarida (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
M Fahmi Nugraha (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Meiliana Nurfitriani (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Media pembelajaran di sekolah kecamatan tanjungjaya ada beberapa kendala yaitu minimnya dalam mengembangkan media pembelajaran dan kendala dalam penyampaian materi IPA khususnya pada materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya sehingga nilai yang diraih oleh siswa masih dibawah KKM yaitu mencapai nilai rata-rata ≤ 40 serta kurangnya pengetahuin IPA dan keterbatasan waktu dalam penyampaian materi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran kakurwan untuk meningkatkan pengetahuan IPA dan keefektifan media tersebut. Lokasi yang digunakan untuk penelitian ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar di SDN 1 Cigowak dan SDN Cipurut serta ujicoba lapangan utama terdapat di SDN Cideeng. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah RnD ( Research and Development ) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Borg and Gall yaitu 10 tahapan. Hasil penelitian uji efektifitas yang dilakukan di SDN Cideeng dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa dengan hasil skor N-Gain di kelas eksperimen 0,80 atau 80% dengan kategori efektif, skor terkecil 0,50 atau 50% serta skor terbesar adalah 1 atau 100%. Hasil skor N-Gain kelas kontrol yaitu sebesar 0,35 atau 35% dengan kategori tidak efektif skor terkecil yaitu 0,12 atau 12% serta skor terbesar 1 atau 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kakurwan efektif digunakan dan dapat meningkatkan pengetahuan IPA siswa kelas 5 SD di kecamatan tanjungjaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...