SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP Kelas VII Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Menggunakan Media Audio Visual

Soraya Shahabiah (Universitas Negeri Medan)
Izwita Dewi (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan audio visual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan audio visual mencapai ketuntasan klasikal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII-1 sebanyak 21 orang. Tindakan penelitian ini yang pertama adalah memberi tes kemampuan pemecahan masalah awal  peserta didik yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matemetika awal peserta didik, yang kedua menggunakan pembelajaran dengan menggunakan pendektan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantuan media audio visual dengan materi aljabar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan proses pengajarannya sebanyak 7 kali pertemuan, di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Sebelum tes diujikan, terlebih dahulu divalidkan dengan arahan validator. Pada tes kemampuan awal tingkat kemampuan pemecaan masalah peserta didik adalah 41,5 yang termasuk dalam kategori sangat rendah dengan tidak ada peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan peserta didik memecahkan masalah adalah 71,9 yang termasuk dalam kategori sedang dengan 14 (66,67%) peserta didik dari seluruh peserta didik telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan peserta didik memecakan masalah adalah 86,66 yang termasuk dalam kategori tinggi dengan 18 (85,71%) peserta didik dari seluruh peserta didik telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Berdasarkan analisis penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa pendektan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantuan media audio visual  pada materi aljabar di kelas VII-1 SMPS di jalan Bakaran Batu No. 18 Medan T.A 2023/2024 dapat meningkat kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah yang didapatkan setelah pelaksanaan siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...