Media pembelajaran adalah alat yang menyediakan materi agar mudah dipahami dan dipelajari secara lebih efektif dan menarik guna mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan Pengamatan yang dilaksanakan di SMK Negeri 5 Padang menunjukkan bahwa pembelajaran konvensional seperti ceramah dan buku cetak masih sering digunakan, tetapi efektifnya hanya pada tahap awal pembelajaran. Setelah itu, siswa cenderung lupa langkah-langkah pekerjaan dan kurang termotivasi, yang dapat mengakibatkan hasil belajar rendah. Studi ini bermaksud melihat bagaimana pemanfaatan media dalam proses pembelajaran berbasis video tutorial terhadap prestasi belajar siswa teknik pemesinan bubut di kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Desain penelitian Quasi Experiment dipakai dalam penelitian ini. Jumlah subjeknya adalah 62 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen adalah 76,71, sedangkan dikelas kontrol 64,71 dari nilai tersebut dapat diperoleh bahwa nilai rata rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Untuk kedua kelompok kelas dengan melakukan uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) < 0,050. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 5,690 > t tabel. 2,0003. Dengan temuan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran menggunakan tutorial video memiliki dampak yang baik pada hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024