Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS materi siklus hidup hewan dengan media diorama. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan model spiral C. Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kaibon 01 yang berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan rerata dan ketuntasan nilai hasil belajar IPAS materi siklus hidup hewan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pra-siklus, rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 58,5 termasuk kategori kurang dan presentase ketuntasan belajar sebesar 14,2%. Pada siklus 1, rata-rata hasil belajar peserta didik 64,2 termasuk kategori cukup dan presentase ketuntasan belajar sebesar 42,8%. Siklus 1 belum memenuhi indikator keberhasilan tindakan dan perlu dilakukan perbaikan. Peneliti melakukan refleksi dan lebih memanfaatkan media diorama dalam proses pembelajaran. Pada siklus II rata-rata hasil belajar 90 termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase ketuntasan belajar menjadi 100% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Dengan demikian, penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi siklus hidup hewan pada peserta didik kelas IV
Copyrights © 2024