Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Vol 4 No 2 (2024): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)

Analisis Peran Orang tua dalam Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V

Al Fadli, Ahmad Asyrof (Unknown)
Mushafanah, Qoriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam motivasi belajar peserta didik, dengan rumusan masalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan rancangan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan analisis. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan mengambil subjek orang tua dan peserta didik sebagai subjek penelitian. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orangtua menerapkan   pola asuh demokratis, dengan menerapkan kebiasaan disiplin belajar, mandiri, dan taat beribadah. Pola asuh yang diterapkan kepada anak mampu membuat motivasi belajar anak yang baik sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Pola asuh demokratis juga dapat membentuk karakter berupa kedisiplinan, kemandirian, religius, dan komunikatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiepp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan ...