Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 3 (2023): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Indonesia Berbasis Kearifan Lokal “Rimpu Tembe” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa

Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Rizaluddin, Rizaluddin (Unknown)
Junaidin, Junaidin (Unknown)
Nanda, Puput Zaihar (Unknown)
Senyah, Baiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan mengembangkan buku ajar sejarah kebudayaan Indonesia berbasis Kearifan Lokal “rimpu tembe” untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dengan tujuan mempermudah mahasiswa dalam mempelajari dan melestarikan  kebudayaan Indonesia khususnta budaya lokal Bima-Dompu. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil: pengembangan buku ajar sejarah kebudayaan Indonesia berbasis kearifan lokal “rimpu tembe” untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dinyatakan “sangat baik/valid” dengan persentase rerata 82%. Berdasarkan analisis kepraktisan dari kedua Respon Pengguna buku ajar sejarah kebudayaan Indonesia berbasis Kearifan Lokal “rimpu tembe” Untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dinyatakan “sangat praktis” untuk digunakan dengan persentase 90% . Sedangkan tingkat keefektifan buku ajar sejarah kebudayaan Indonesia ini, berdasarkan analisis deskriptif dengan kategori “sangat baik” dengan presentase ketuntasan 90%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...