Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 2 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar

Mardiana, Sela (Unknown)
Suharyanto, Suharyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Ngadirejo 3 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Subjek penelitian melibatkan 26 siswa kelas IV SDN Ngadirejo 3. Desain penelitian mengadopsi model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Pada tahap pra-siklus, rata-rata keaktifan belajar siswa hanya mencapai 47,9%, yang kemudian meningkat menjadi 71,1% pada siklus I, dan mengalami peningkatan lagi menjadi 80,7% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...