Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 3 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Komunikasi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Anggi Maharani Agustina (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)
Risnawati Risnawati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)
Nasir Za'ba (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Komunikasi Orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh rhitung 0,51 > rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,263) maupun pada taraf signifikansi 1% (0,221), maka H0 ditolak sehingga Ha diterima. Artinya terdapat hubungan positif pola komunikasi orang tua terhadap motivasi belajar. Kontribusi pelaksanaan komunikasi orang tua terhadap motivasi belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh 31,5%, sedangkan 68,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...