Hikmah
Vol. 19 No. 2 (2022): Juli-Dember 2022

Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

Herman, Muhamad (Unknown)
Rama, Bahaking (Unknown)
Bakri, Muhammad Ali (Unknown)
Malli, Rusli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan penting dalam menghasilkan peserta didik yang berprestasi. Untuk mencapai tugas mulia ini, dibutuhkan guru PAI yang berkualitas, dengan manajemen pembelajaran yang baik sebagai kunci utama. Penelitian ini bertujuan memberikan kontribusi teoritis bagi para pendidik, khususnya kepala sekolah dan guru PAI di SMKN 1 Kalosi, Kabupaten Enrekang, untuk meningkatkan prestasi belajar melalui manajemen pembelajaran. Fokus penelitian mencakup pelaksanaan manajemen pembelajaran, hasil prestasi peserta didik setelah penerapan manajemen tersebut, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian termasuk kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru-guru PAI, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran guru PAI meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Manajemen ini terbukti meningkatkan hasil belajar di ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Faktor pendukung internal adalah minat dan motivasi peserta didik yang tinggi, sementara faktor eksternal mencakup hubungan harmonis antara guru dan peserta didik, hubungan baik antara guru dan orang tua, serta sarana dan prasarana yang memadai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hikmah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Hikmah is a Publication Media that publishes scientific articles and results of field research in the field of Islamic and Religious Education that applies a peer-reviewed system. This journal prioritizes original work and recent topics in the field. Specifically, the scope of this journal is: ...