Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Analisis Kesalahan Berbahasa pada Karangan Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat Klaten

Putri, Nisa Ashari (Unknown)
Sabardilla, Atiqa (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan tata bahasa pada karya tulis siswa kelas enam Program Khusus Bayat SD Muhammadiyah Klaten. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Siswa kelas enam Program Khusus Bayat SD Muhammadiyah memberikan karya tulis berupa kata atau frasa yang merupakan sumber materi penelitian. Sumber data penelitian ini adalah materi karangan yang diserahkan siswa untuk tugasnya. Informasi dikumpulkan menggunakan alat uji, terutama yang dapat menggubah musik bertema pesta. Untuk mengidentifikasi kesalahan dalam tulisan siswa, peneliti dalam penelitian ini mengumpulkan lima belas teks, beberapa di antaranya merupakan hasil karya siswa sendiri. Setelah itu, kami mengolah dan menganalisis pesan-pesan tersebut. Observasi dan pencatatan merupakan beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Sementara itu, selama proses analisis data, data dikategorikan menurut jenis kesalahannya. Penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas enam SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat, Klaten melakukan total dua puluh satu kesalahan fonologis—termasuk tujuh kesalahan huruf kapital, empat kesalahan huruf miring, lima kesalahan penonjolan partikel, dan lima kesalahan fonem—serta lima belas kesalahan ejaan, lima kesalahan tanda hubung, lima kesalahan titik, sembilan kesalahan bidang morfologi, enam kesalahan preposisi, dan tiga kesalahan reduplikasi atau pembentukan ulang dalam karangan mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...