Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal
Vol. 2 No. 8 (2024): Multidiciplinary Scientifict Journal

Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Setiani, Nurul (Unknown)
Wakinah, Wakinah (Unknown)
Nurazizah, Suci (Unknown)
Andriani, Ernita (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Kesulitan belajar juga dapat diartikan sebagai ketidak mampuan anak dalam menyelesaikan tugas yang diberiakn oleh. Anak dengan ketidak mampuan belajar mempunyai ciri sendiri juga gaya belajar yang berbeda. Penelitian ini bertuajuan untuk mengeidentifikasi faktor kesulitan apa saja yang anak hadapai dalam proses pembelajaran matematika dan memberikan Upaya/solusi nya dalam menghadapi kesulitan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas 6 SDIT Az Zahra. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika pada anak, baik itu faktor dari dalam diri anak sendiri maupun faktor dari luar diri anak. Upaya/Solusi yang dapat diberikan oleh guru kepada anak adalah dengan pendekatan individu, memberikan tambahan jam Pelajaran setelah pulang sekolah, dengan menggunakan cara belajar yang lain dan juga bisa memberikan pembelajaran remidial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al

Publisher

Subject

Arts Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mathematics Mechanical Engineering Social Sciences

Description

Mutiara: Multidisciplinary Scientific Journal is a double blind, peer-reviewed and open access academic journal for the fields of Economics and Business, Mathematics and Natural Sciences, Humanities, Social Sciences, Communications, Engineering, Informatics, Agriculture, Fisheries, Forestry, Health ...