Blantika : Multidisciplinary Journal
Vol. 2 No. 11 (2024): Special Issue

Manajemen Pendidikan Adab untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik Berbasis Al-Qur’an di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro

Mustofa, Alim (Unknown)
Adlan Nawawi, Muhammad (Unknown)
Shunhaji, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2024

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia saat ini menghadapi tantangan serius, terutama dalam konteks krisis moral di kalangan remaja. Kasus-kasus kekerasan dan penyalahgunaan perilaku menunjukkan perlunya penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan pendidikan adab di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro dan bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan karakter peserta didik berdasarkan Al-Qur'an. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk mengungkap praktik pendidikan adab di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan adab di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro telah diimplementasikan melalui berbagai program dan kegiatan yang berfokus pada pembentukan karakter, seperti pembiasaan adab sehari-hari dan integrasi nilai-nilai Al-Qur'an dalam kurikulum. Peningkatan karakter peserta didik terlihat dari perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik, serta kesadaran sosial yang meningkat. Kesimpulan pendidikan adab berbasis Al-Qur'an di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro efektif dalam meningkatkan karakter peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan agar program pendidikan adab terus ditingkatkan dan diintegrasikan lebih dalam dalam proses pembelajaran untuk membangun generasi yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bl

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Blantika: Multidisciplinary journal is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and scientific fields. The journal is publication frequency quarterly (four issues per year) by Publikasiku Academic Solution Blantika: Multidisciplinary journal provides a means for ...