Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol. 19 No. 1 (2024): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Identifikasi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Zannah, Fathul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa pada indikator mengamati, mengklasifikasi, hipotesis dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dimana subjek penelitiannya sebanyak 35 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun akademik 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya berada pada kategori sedang (indikator observasi, klasifikasi dan komunikasi) serta pada kategori rendah (indikator hipotesis). Hasil tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya penerapan kegiatan pembelajaran berupa pendekatan pembelajaran yang inovatif demi meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...